DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN BAHASA DALAM MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI YANG SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK DENGAN METODE SCRAMBLE DAN MEDIA GAMBAR (TASCRAMGAM) PADA ANAK KELOMPOK B TK TRISULA III BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


ABSTRAK

Maulida. 2020.  Perkembangan Bahasa Dalam  Menyebutkan Kelompok Gambar           Yang  Memiliki  Bunyi Yang Sama Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick Dengan Metode  Scramble Dan  Media Gambar (TASCRAMGAM)  Pada Anak Kelompok B TK Trisula 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M. Pd

 

Kata Kunci : Bahasa, Menyebutkan Kelompok Gambar, Model Talking Stick, Metode Scramble dan Media  Gambar

 

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aspek bahasa dalam menyebutkan kelompok  gambar yang   memiliki bunyi  yang sama. Penyebab  ini dikarenakan kurangnya inovatif media pembelajaran yang ditampilkan guru, kurangnya    inovasi  model dan  metode pembelajaran yang digunakan sehingga  anak lebih sering belajar dengan  mengerjakan pada buku masing-masing, sehingga   anak   menjadi kurang mampu menyebutkan  kelompok gambar yang memiliki bunyi yang  sama.

Pendekatan  yang digunakan  adalah  pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah  Penelitian  Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 pertemuan 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di TK Trisula 3 Banjarmasin pada kelompok B yang berjumlah 20 orang anak, terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 7 orang anak  perempuan. Data penelitian diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian aktivitas guru ini adalah mencapai ≥ 27  dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh 90% dengan kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan bahasa anak 19 orang anak memperoleh bintang ≥ (???) kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara klasikal mencapai skor 95% anak berhasil berkembang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Kombinasi Model  Talking   Stick dan Media Gambar dapat mengembangkan kemampuan Bahasa pada Anak Kelompok  B TK Trisula 3 Banjarmasin.

Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu  referensi dan bahan pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang terjadi didalam kelas khususnya mengembangkan  kemampuan bahasa menyebutkan kelompok gambar yang  memiliki bunyi yang sama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI