DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERKEMBANGAN BAHASA DALAM MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI YANG SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK DENGAN METODE SCRAMBLE DAN MEDIA GAMBAR (TASCRAMGAM) PADA ANAK KELOMPOK B TK TRISULA III BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MAULIDA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-17 |
ABSTRAK
Maulida. 2020. Perkembangan Bahasa Dalam Menyebutkan Kelompok Gambar Yang Memiliki Bunyi Yang Sama Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick Dengan Metode Scramble Dan Media Gambar (TASCRAMGAM) Pada Anak Kelompok B TK Trisula 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M. Pd
Kata Kunci : Bahasa, Menyebutkan Kelompok Gambar, Model Talking Stick, Metode Scramble dan Media Gambar
Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aspek bahasa dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama. Penyebab ini dikarenakan kurangnya inovatif media pembelajaran yang ditampilkan guru, kurangnya inovasi model dan metode pembelajaran yang digunakan sehingga anak lebih sering belajar dengan mengerjakan pada buku masing-masing, sehingga anak menjadi kurang mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 pertemuan 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di TK Trisula 3 Banjarmasin pada kelompok B yang berjumlah 20 orang anak, terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Data penelitian diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian aktivitas guru ini adalah mencapai ≥ 27 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh 90% dengan kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan bahasa anak 19 orang anak memperoleh bintang ≥ (???) kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara klasikal mencapai skor 95% anak berhasil berkembang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Kombinasi Model Talking Stick dan Media Gambar dapat mengembangkan kemampuan Bahasa pada Anak Kelompok B TK Trisula 3 Banjarmasin.
Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi dan bahan pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang terjadi didalam kelas khususnya mengembangkan kemampuan bahasa menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI