DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 1 BENUA RAYA BATI-BATI
PENGARANG:NILI RAFIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


ABSTRAK

Rafidah, Nili. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema Peristiwa dalam Kehidupan Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching And Learning (CTL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Bati-Bati. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching And Learning (CTL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing.

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar muatan PPKn tema Peristiwa dalam Kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Peristiwa dalam Kehidupan dalam muatan PPKn menggunakan kombinasi model Contextual Teaching And Learning (CTL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing  pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Bati-Bati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Bati-Bati dengan jumlah 28 orang siswa. Jenis data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 81 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai skor 81% dengan kriteria seluruhnya aktif dan hasil belajar kognitif secara klasikal 81% (sangat baik), afektif secara klasikal 81% (sudah membudaya), dan psikomotorik secara klasikal minimal 81% (sangat baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria sangat baik, siklus III mencapai kriteria sangat baik dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria aktif, siklus III mencapai kriteria aktif dan siklus IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,86%, siklus II mencapai 78,57%, siklus III mencapai 89,29% dan siklus IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Contextual Teaching And Learning (CTL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada tema Peristiwa dalam Kehidupan dikelas V UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Bati-Bati dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran PPKn tema Peristiwa dalam Kehidupan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI