DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZQIA AZHARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

INTISARI

 

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapenerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI pada materi FenomenaBiosfer Serta Sebaran Hewan dan Tumbuhan di SMAN7 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 7 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampeldalampenelitianiniadalah XI IPS I dan MIPA 3. Data primer diperoleh dari observasi lapangan dantestertulis.Data sekunder diperoleh dari studi dokumen dari instansi terkait. Teknik analisis data yang digunakan denganmenggunakanmetodeeksperimen semu ( Quasi Expeimental Design). Hasil penelitian penerapan model pembelajaran  Make A Match terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMAN 7 Banjarmasin pada materi fenomena biosfer serta sebaran hewan dan tumbuhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar daripada kelas kontrol yaitu rata-rata hasil belajarnya menjadi 62,65 meningkat dari nilai rata-rata awal  (pre-test) yaitu 30,59. Kelas XI IPS 1 (kelas kontrol) yang dilakukan pembelajaran dengan metode konvensional atau ceramah juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajarnya 50,61 meningkat dari nilai rata-rata awal (pre-test) yaitu nilai rata-rata kelas XI IPS 1 (kelas kontrol) sebesar 20,30.

 

 

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran, Model Make A Match

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI