DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Laporan Keuangan dengan Perspektif Fraud Pentagon pada Perusahaan Perbankan yang Listed di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018
PENGARANG:NOOR AINUN CAMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teori fraud pentagon dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan para perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015 hingga 2018. Fraud pentagon dikembangkan menjadi menguji dan menganalisis pengaruh sembilan (9) variabel indepeden yaitu target keuangan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, kepemilikan saham institusi, ketidakefektifan pengawasan, kualitas auditor eksternal, pergantian auditor, pergantian direktur, dan jumlah foto CEO yang terpampang di laporan tahunan perusahaan. Variabel dependen yang digunakan adalah kecurangan laporan keuangan yang diproksikan dengan f-score.

Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel akhir 20 perusahaan. Data yang digunakan sebanyak 80 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa target keuangan, tekanan eksternal, kepemilikan saham institusi, ketidakefektifan pengawasan, kualitas auditor eksternal, dan pergantian auditor tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan stabilitas keuangan, pergantian direktur, dan jumlah foto CEO yang terpampang di laporan tahunan perusahaan berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI