DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROTOTIPE GAME EDUKASI PENGENALAN ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID DENGAN OBJEK LINGKUNGAN LAHAN BASAH
PENGARANG:HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

Banyak kajian yang menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan media klasik yang menggunakan kertas dan alat tulis kurang menarik minat belajar anak-anak. Oleh karena itu, banyak teknologi seperti smartphone yang dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah sebagai sarana dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak usia dini menggunakan game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komponen-komponen dan mengembangkan prototipe game edukasi pengenalan angka dengan memanfaatkan objek flora dan fauna di lingkungan lahan basah sebagai media pembelajaran anak usia dini. Metode pengembangan prototipe game edukasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dengan model Waterfall. Tahapan-tahapan dalam model pengembangan Waterfall terdiri dari: (1) Planning, yaitu perencanaan sistem dengan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan game edukasi yang akan dibuat. (2) Analysis, yaitu menganalisis data dan informasi (3) Design, yaitu memodelkan dan mengambarkan operasi sistem. (4) Implementation, yaitu pembuatan game edukasi menggunakan perangkat lunak Android Studio. (5) System, yaitu prototipe game edukasi yang sudah selesai dibuat sehingga dapat dilakukan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe game edukasi yang dapat dijalankan di smartphone dengan sistem operasi Android untuk anak usia dini.

Kata kunci: Game edukasi, lahan basah, anak usia dini, Android, Waterfall

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI