DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING (PS), PAIR CHECK (PC), DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN DALAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NOORJANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


Noorjanah. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Solving (PS), Pair Check (PC), dan Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dn Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S. H., M. Pd.

 

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi Model Problem Solving (PS), Pair Check (PC), Team Games Tournament (TGT)

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah (teacher centre), hanya terfokus pada pembahasan materi yang ada pada buku, pembelajaran terbilang pasif tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis melalui penyajian masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Solving (PS), Pair Check (PC), dan Team Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 18 orang pada semester genap di SDN Kelayan Dalam 1 Banjarmasin tahun pembelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria sangat aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat Aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pada pertemuan II  dan III mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 72%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 78%, Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 83%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 89%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Problem Solving (PS), Pair Check (PC), dan Team Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan PPKN Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai alternatife dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI