DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENUNJUKKAN AKTIVITAS YANG BERSIFAT EKSPLORATIF DAN MENYELIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KOMBINASIKAN DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA BENDA NYATA PADA KELOMPOK B 2 DI TK CINTA MULIA BARITO KUALA
PENGARANG:MASRIPAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


Masripah, 2020. “Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidik Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kombinasikan dengan Model Picture and Picture dan Metode Eksperimen dengan media benda nyata Pada Kelompok B 2 Di TK Cinta Mulia Barito Kuala”. Skripsi. Program Ilmu pendidikan guru pendidikan anak usia dini. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas lambung mangkurat banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd

 

Kata Kunci : Kognitif, Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidik, Pendekatan Saintifik, Model Picture and Picture, Metode Eksperimen.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik. Hal ini disebabkan oleh kegiatan belajar yang jarang menggunakan media pembelajaran yang disebabkan oleh kegiatan belajar yang jarang menggunakan media pembelajaran yang menarik minat anak, kurangnya pemberian pemahaman yang dapat dimengerti oleh anak, kurangnya melakukan percobaan sederhana dalam suatu percobaan sederhana dimana anak selalu meminta bantuan guru untuk melakukan sesuatu. Untuk mengataso hal tersebut, penelitian menggunakan pendekatan saintifik, dikombinasikan dengan model picture and picture dan metode eksperimen dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifst eksploratif dan menyelidik.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di TK Cinta Mulia handil bakti pada kelompok B 2 yang berjumlah 11 orang anak, terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Data penelitian diperoleh dari data kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru meencapai skor ≥ 39 dengan kategori sangat baik, akitivitas anak mencapai skor ≥ 13 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan secara klasikal mencappai ≥ 82% dan hasil perkembangan anak minimal mendapat skor ≥ 5 dengan kualifikasi bintang 3 dan bintang 4.

Hasil aktivitas guru pertemuan 1 mencapai kriteria Baik kemudian meningkat pada menjadi Sangat Baik. Aktivitas anak secara klasikal pertemuan 1 mencapai kategori Cukup Aktif meningkat menjadi Sangat Aktif. Hasil perkembangan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik pada pertemuan 1 memperoleh kategori mulai berkembang lalu pada meningkat menjadi mendapat kategori “Berkembang Sesuai Harapan” dan “Berkembang Sangat Baik”

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik di kombinasikan dengan model picture and picture dan metode eksperimen dapat meningkatkan aktiviitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik dan dipotesis dapat di terima. Disarankan kepada guru agar dapat menjadi masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam memperbaiki dan meningkatkan hasil perkembangan anak, aktivitas anak dan aktivitas guru dalam pembelajaran khusunya pembelajaran menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI