DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM MERINGKAS TEKS EKSPLANASI SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR SHARE DAN THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUNGAI BESAR BANJARBARU
PENGARANG:Ahmad Muhajir Madani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-18


ABSTRAK

 

Madani, Ahmad Muhajir. 2020. Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Meringkas Teks Eksplanasi Subtema Benda Tunggal dan Campuran Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan dengan Think Pair Share dan Think Talk Write Pada Siswa Kelas V SDN 2 Sungai Besar Banjarbaru. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH.,M.Pd. 

 

Kata kunci : Bahasa Indonesia, Menulis Ringkasan, Model Direct Instruction, Model Think Pair Share, Model Think Talk Write.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menulis ringkasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami materi dan cara menulis teks eksplanasi dengan benar. kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran untuk memahami dan menyelesaikan tugas, dan aktivitas pembelajaran lebih banyak didominasi guru. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Direct Instruction dikombinasikan dengan Think Pair Share dan Think Talk Write. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa tentang menulis ringkasan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 2 Sungai Besar Banjarbaru pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 27 orang. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta data kuantitatif melalui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilannya di mana aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “sangat baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai kriteria “sangat aktif”, hasil belajar siswa individual dianggap tuntas apabila memperoleh skor ≥70 dan secara klasikal mencapai ≥80% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari pertemuan 1 dengan kriteria cukup baik, pertemuan 2 dengan kriteria baik, menjadi sangat baik pada pertemuan 3 dan 4. Aktivitas siswa pertemuan 1 dengan kriteria cukup aktif, pertemuan 2 dan 3 dengan kriteria aktif, menjadi sangat aktif pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa secara klasikal dari yang tidak tuntas pada pertemuan pertama kedua, dan ketiga menjadi tuntas pada pertemuan keempat.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa tentang menulis ringkasan dengan menerapkan model Direct Instruction dikombinasikan dengan Think Pair Share dan Think Talk Write, maka hipotesis penelitian ini dapat diterima. Dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI