DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION(CIRC), TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY(TAI) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DWI LISTIANTI JAMIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-18


 

ABSTRAK

 

Jamil, Dwi Listianti. 2020. Upaya Meningkatkan Membaca Pemahaman dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Team Assisted Individually (TAI) dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Keguruan

 

 

 

Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, CIRC, TAI, Talking Stick.

 

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar pada keterampilan membaca pemahaman dalam menentukan ide paragraf tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin.Penyebabnya yaitu cakupan materi yang cukup panjang. Pembelajaran yang kurang menuntut partisipasi siswa dan pembelajaran yang kurang menarik, sehingga mengakibatkan rendahnya keterampilan dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasinya dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Team Assisted Individually (TAI) dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

 

Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah 30 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Team Assisted Individually (TAI) dan Talking Stick, aktivitas guru mencapai skor 52 dengan kriteria “sangat baik”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Team Assisted Individually (TAI) dan Talking Stick dapat menngkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada materi menentukan ide pokok paragraf pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI