DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN MODEL ATUR MIKA DENGAN MEDIA KOREK API PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM MESJID JAMI TELUK DALAM KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | KURNIYATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-18 |
Kurniyati.2020.MengembangkanAktivitas,Kreativitas danHasilPerkembangan Anak dalam Bersikap Kooperatif dengan Teman Menggunakan ModelAturMikadenganMediaKorekApipadaAnakKelompokB TkIslam MesjidJamiTelukDalam KotaBanjarmasin.Skripsi ProgramPendidikanAnakUsiaDini.FakultasKeguruan DanIlmu Pendidikan.UniversitasLambung MangkuratBanjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci : Bersikap Kooperatif Dengan Teman, Model Atur Mika dengan
Mediakorek api.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnyakemampuan anak dalam bersikapkooperatif dengan temanKelompokBTKIslamMesjidJamiTeluk DalamKotaBanjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, Kreativitas dan Hasilbelajar yaitu melaluikombinasiModelDirectInstruction,Metode PemberianTugas danBerceritadenganMediaKorekApi.Tujuandaripenelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan untuk meningkatkankreativitas danhasilperkembangananakdalambersikapkooperatif dengan teman.
Penelitian inimenggunakan jenisPenelitianTindakan Kelas(PTK), dilakukandenganpendekatanpenelitian kualitatifyangdirancangdalam4kali pertemuan,subjekpenelitianini merupakananakkelompokBTKIslamMesjid Jami Teluk DalamKotaBanjarmasin dan carapengumpulan datamenggunakan data kualitatif dan kuantitatif,melaluiobservasi aktivitasguru dananak data kuantitatif diperoleh melaluiteknikpengukurandengan tessecaraindividu. Analisisdatadilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasidangrafikdisajikandengan danindikatorketuntasanbelajaryang ditetapkan.
Hasilpenelitian ini menunjukkanbahwa aktivitasgurupadapertemuan I mencapaukriteriabaik,pertemuanII mencapaikriteriabaik,pertemuanIII mencapaikriteriasangatbaik,danpertemuanIV mencapaikriteriasangatbaik. Aktivitas anakpadapertemuanImencapaikriteriakurangaktif,pertemuanII mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuanIVmencapaikriterisangataktif. Perkembangankreativitas anakpada pertemuanI mencapaikriteriakurang aktif,pertemuanII mencapaikriteria aktif, pertemuanIII mencapaikriteriasangataktif,danpertemuanIV mencapaikriteria sangataktif.KetuntasanklasikalhasilbelajaranakpadapertemuanImencapai
13,33%,pertemuanIImencapai22,22%,pertemuanIIImencapai61,11%,dan pertemuan IVmencapai94,44%.
Berdasarkan temuaninidapatdisimpulkanbahwakombinasi modeldirect instruction,metodepemberiantugasdan berceritadengan mediakorekapidapat meningkatkanaktivitas,kreativitasdan hasilperkembangananak.Disarankan penggunaan model tersebutsebagaisalah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswayang berdampak padapeningkatan hasilperkembangan anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI