DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN MODEL ATUR MIKA DENGAN MEDIA KOREK API PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM MESJID JAMI TELUK DALAM KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:KURNIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-18


 

Kurniyati.2020.MengembangkanAktivitas,Kreativitas danHasilPerkembangan Anak  dalam  Bersikap  Kooperatif  dengan  Teman  Menggunakan ModelAturMikadenganMediaKorekApipadaAnakKelompokB TkIslam MesjidJamiTelukDalam KotaBanjarmasin.Skripsi ProgramPendidikanAnakUsiaDini.FakultasKeguruan DanIlmu Pendidikan.UniversitasLambung MangkuratBanjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata  Kunci  :  Bersikap  Kooperatif  Dengan  Teman,  Model  Atur  Mika  dengan

Mediakorek api.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnyakemampuan anak dalam bersikapkooperatif dengan temanKelompokBTKIslamMesjidJamiTeluk DalamKotaBanjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, Kreativitas dan Hasilbelajar yaitu melaluikombinasiModelDirectInstruction,Metode PemberianTugas danBerceritadenganMediaKorekApi.Tujuandaripenelitian ini   adalah   untuk   mengetahui   aktivitas   guru,   aktivitas   anak,   dan   untuk meningkatkankreativitas danhasilperkembangananakdalambersikapkooperatif dengan teman.

Penelitian   inimenggunakan jenisPenelitianTindakan Kelas(PTK), dilakukandenganpendekatanpenelitian kualitatifyangdirancangdalam4kali pertemuan,subjekpenelitianini merupakananakkelompokBTKIslamMesjid Jami Teluk DalamKotaBanjarmasin dan carapengumpulan datamenggunakan data  kualitatif  dan  kuantitatif,melaluiobservasi  aktivitasguru  dananak  data kuantitatif diperoleh melaluiteknikpengukurandengan tessecaraindividu. Analisisdatadilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasidangrafikdisajikandengan danindikatorketuntasanbelajaryang ditetapkan.

Hasilpenelitian ini menunjukkanbahwa aktivitasgurupadapertemuan I mencapaukriteriabaik,pertemuanII mencapaikriteriabaik,pertemuanIII mencapaikriteriasangatbaik,danpertemuanIV mencapaikriteriasangatbaik. Aktivitas anakpadapertemuanImencapaikriteriakurangaktif,pertemuanII mencapai  kriteria  aktif,  pertemuan  III  mencapai  kriteria  sangat  aktif,  dan pertemuanIVmencapaikriterisangataktif.  Perkembangankreativitas anakpada pertemuanI mencapaikriteriakurang aktif,pertemuanII mencapaikriteria aktif, pertemuanIII mencapaikriteriasangataktif,danpertemuanIV mencapaikriteria sangataktif.KetuntasanklasikalhasilbelajaranakpadapertemuanImencapai

13,33%,pertemuanIImencapai22,22%,pertemuanIIImencapai61,11%,dan pertemuan IVmencapai94,44%.

Berdasarkan temuaninidapatdisimpulkanbahwakombinasi modeldirect instruction,metodepemberiantugasdan berceritadengan mediakorekapidapat meningkatkanaktivitas,kreativitasdan hasilperkembangananak.Disarankan penggunaan model tersebutsebagaisalah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswayang berdampak padapeningkatan hasilperkembangan anak.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI