DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM TATA KRAMA DAN SOPAN SANTUN MENGGUNAKAN KOMBINASI STORY TELLING, PICTURE AND PICTURE DAN DEMONSTRATIO DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 15 BANJARMASIN
PENGARANG:EKA FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-18


 

ABSTRAK

 

Fitriyani, Eka. 2020. “Perkembangan Sosial Emosional Dalam Tata Krama Dan Sopan Santun Menggunakan Kombinasi Story Telling, Picture And Picture Dan Demonstration Di Kelompok B  Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Banjarmasin”. Skripsi, Program S1 PG PAUD FKIP ULM Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M. Pd.

 

Kata Kunci: Sosial Emosional, Tata Krama dan Sopan Santun, Story Telling, Picture And Picture Dan Demonstration.

 

Masalah rendahnya sosial emosiona anak dalam mengenal tata krama dan sopan santun serta kurang menarik minta anak dalam kegiatan pembelajaran . Apa bila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya Hasil perkembangan sosial emosional anak yang renadah dan sikap perilaku anak tidak akan dapat berkembang dengan baik atau anak akan sulit dalam mengembangkan sosial emosionalnya dalam kehidupan sehari-hari dan anak tidak akan memperhatikan guru saat melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, anak dan menganalisis capaian perkembangan anak dalam tata krama dan sopan santun

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang direncang dalam 3 kali pertemuan, dimana jenis penelitian yaitu Pendekatan Tindakan Kelas (PTK). Pada anak kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Banjarmasin yang berjumlah 12 orang anak. Jenis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan guru mencapai dengan kategori sangat baik, aktivitas anak mencapai 92% dengan kategori “sangat aktif” dari hasil perekmbangan anak mendapatkan ???? (Berkembang Sangat Aktif).

 

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi Story Telling, Picture And Picture Dan Demonstration dalam Tata Krama dan Sopan Santun pada Kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Banjarmasin dengan menggunakn kombinasi Story Telling, Picture And Picture Dan Demonstration dapat menigkatkan aktivitas guru memperoleh skor 13 meningkat menjadi skor 23 pada pertemuan 3 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak memperoleh 42% berkembang pada pertemuan 3 memperoleh 92% dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil capaian perkembangan dalam Tata Krama dan Sopan ada 11 anak mendapatkan bintang ???? (Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 92%.

 

Kesimpulan penelitian bahwa menggunakan kombinasin Story Telling, Picture And Picture Dan Demonstration Pada Kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Banjarmasin, dapat meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil pengembangan belajar. Dengan hal ini diharapkan agar guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan pada aspek sosial emosional dalam tata krama dan sopan santun.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI