DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH SULLAMUL KHAIRIYAH CEMPAKA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:UMMU HABIBAH
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-01


Kata Kunci : Tutor Sebaya, Pianika, Seni Budaya dan Keterampilan


Penelitian ini berangkat dari hasil observasi penulis di Madrasah Ibtidaiyah
Sullamul Khairiyah pada siswa kelas IV B pada ujian praktik bermain alat musik
pianika ditemukan dari 24 siswa, ada 6 siswa yang mampu memainkan alat musik
pianika dengan benar, 10 siswa masih kurang tepat dalam menentukan ketukan dan
tempo, 8 siswa masih belum bisa membaca notasi musik. Metode yang digunakan
kurang variatif. Metode tutor sebaya ialah pemanfaatan siswa yang mempunyai
keistimewaan, kepandaian dan kecakapan di dalam kelas untuk membantu memberi
penjelasan, bimbingan dan arahan kepada siswa yang kepandaiannya agak kurang
atau lambat dalam menerima pelajaran yang usianya hampir sama atau sekelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan
aktivitas siswa serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran
bermain alat musik pianika dengan menggunakan metode tutor sebaya pada mata
pelajaran seni budaya dan keterampilan siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah
Sullamul Khairiyah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Madrasah
Ibtidaiyah Sullamul Khairiyah Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Subjek
penelitian yaitu kelas IV B dengan jumlah 24 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui, akivitas guru pada siklus I
pertemuan kedua adalah 73,3% dan meningkat pada siklus II pertemuan kedua
sangat baik yaitu 85%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan kedua dengan nilai
rata-rata 18,45. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan kedua yaitu 21,45
dengan kategori aktif. Hasil ujian praktik siswa pada siklus I pertemuan kedua nilai
rata-rata 62,08. Ketuntasan Individu 11 orang dengan persentase 45,83%. Kemudian
meningkat pada siklus II pertemuan kedua 73,33. Ketuntasan Individu sebanyak 19
orang dengan persentase 79,17%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI