DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, BERPIKIR KRITIS DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENGENAL SEBAB AKIBAT TENTANG LINGKUNGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODE SMAL PADA ANAK KELOMPOK B TK PEMBANGUNAN BANJARMASIN
PENGARANG:ERSA HAFIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-19


ABSTRAK

 

Hafizah, Ersa. 2020. Mengembangkan Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis Dan HasilPerkembangan Anak Dalam Mengenal Sebab Akibat Tentang LingkunganMenggunakan Kombinasi Mode Smaring Pada Anak Kelompok B TkPembangunan Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan AnakUsia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M. pd, Ph. D

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Metode Story Telling, Model Make a Match,

  Model Snowball Trhowing

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya Kemampuan anak dalam mengenalsebab akibat tentang lingkungan kelompok B TK Pembangunan Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi model dan metode Story Telling, Make a Match, dan Snowball Trhowing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, berpikir kritis anak dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Pembangunan Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 16 anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif, berpikir kritis pada pertemuan I mencapai kriteria kurang tinggi, pertemuan II mencapai kriteria tinggi, pertemuan III mencapai kriteria sangat tinggi, pertemuan IV mencapai kriteriasangat tinggi, , hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai skor 43,75%, pertemuan II mencapai skor 62,5%, pertemuan III mencapai skor 75%, pertemuan IV mencapai skor 93,75%.

Berdasarkan penemuan ini dapt disimpulkan bahwa kombinasi model dm metode Story Telling, Make A Match Dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas anak, berpikir kritis dan hasil perkembangan anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI