DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL BENTUK,WARNA,UKURAN DAN POLA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH, PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MARYAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-19


ABSTRAK

 

Maryam. 2020. Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Mengenal Bentuk,Warna,Ukuran, dan Pola menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Make a Match,Picture and Picture,  dan Examples non Examples di Kelompok A TK Tunas harapan Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan   Anak   Usia    Dini. Universitas Lambung Mangkurat   Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof.Dr.H.Sutarto Hadi,M.Si., M.Sc. (2) Dr.Noorhapizah,ST.,M.Pd.

 

Kata kunci: Kognitif,Make a Match,Picture and Picture, Examples non Examples

 

          Dalam Pembelajaran di TK Tunas Harapan Kabupaten Barito Kuala, guru masih menemukan anak dari kelompok A masih belum mampu mengenal bentuk,ukuran,warna, dan pola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam megenal bentuk,warna,ukuran, dan pola dengan menggunakan kombinasi model Make a Match,Picture and picture dan Examples non Examples.

          Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah di Kelompok A TK Tunas Harapan Kabupaten Barito Kuala dengan jumlah anak sebanyak 14 orang anak yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 6 orang perempuan pada semester ganjiltahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas anak secara individual. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan tehnik persentase.

            Hasil penelitian yangdiperoleh menunjukkan bahwa aktivitas guru berkriteria Sangat baik, aktivitas anak berkualifikasi aktif dan hasil perkembangan anak mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I  pertemuan 1 aktivitas guru mendapat persentasi keberhasilan 54% dan pada pertemuan 2 mendapat persentasi keberhasilan 79% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 91% (sangat baik). Aktifitas anak pada siklus I pertemuan 1 mendapat poin cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sangat aktif. Hasil perkembangan aspek kognitif anak pada siklus I hanya 79% (belum berkembang) dan pada siklus II mengalami peningkatan 93% berkembang sesuai harapan, dan hasil penelitian ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan

          Bertolak dari temuan ini disarankan agar guru dapat menerapkan kombinasi model Make a Match,Picture and Picture dan Examples non Examples dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI