DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN WAWANCARA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TALKING STICK DI SDN SIMPANG WARGA 1 KABUPATEN BANJAR | |
PENGARANG | : | FAJAR | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-20 |
Fajar, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keterampilan Menulis
Laporan Wawancara Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Kombinasi
Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Think Pair Share (TPS),
Dan Talking Stick Di Kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar.
Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Syahmani, M. Si
Kata Kunci : hasil belajar, menulis laporan wawancara, Think Talk Write (TTW), Think
Pair Share (TPS), dan Talking Stick.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa menulis
laporan wawancara. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kurang
memahami dan kurangnya latihan keterampilan menulis laporan wawancara. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran Think Talk Write
(TTW), Think Pair Share (TPS),dan Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar
menulis laporan wawancara. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui aktivitas guru dalam
meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis laporan wawancara pada Tema
Kayanya Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)
dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick siswa kelas IV SDN
Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar; 2) mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran
Tema Kayanya Negeriku dengan materi menulis laporan wawancara menggunakan model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS)
dan Talking Stick siswa kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar; 3)
Mengetahui hasil belajar siswa tentang keterampilan menulis laporan hasil wawancara
pada Tema Kayanya Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk
Write (TTW) dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick siswa
kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar.
Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat 1 kali pertemuan dengan langkah
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian dilaksanakan di
kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar yang subjeknya berjumlah 32 orang,
terdiri 12 laki –laki dan 20 perempuan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data diinterpretasikan berdasarkan teknik
penilaian dengan pembahasan skala persentase dan indikator keberhasilan ketuntasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan aktivitas guru telah berhasil, terlihat
pada siklus I memperoleh persentase 69,44% dengan kategori baik meningkat pada siklus
II yang memperoleh persentase 88,88% dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan
aktivitas siswa telah berhasil, terlihat pada siklus I memperoleh persentase 56,05%
dengan kategori baik meningkat pada siklus II yang memperoleh persentase 85,16%
dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I
ketuntasan memperoleh persentase 41% dengan kategori cukup aktif meningkat pada
siklus II yang memperoleh persentase 90,62% dengan kategori sangat aktif. Disarankan
kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)
dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick sebagai salah satu
alternatif dalam meningkatkan hasil belajar menulis laporan wawancara.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI