DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN WAWANCARA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TALKING STICK DI SDN SIMPANG WARGA 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:FAJAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Fajar, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keterampilan Menulis 

Laporan Wawancara Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Kombinasi 

Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Think Pair Share (TPS), 

Dan Talking Stick Di Kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar. 

Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lambung 

Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Syahmani, M. Si

Kata Kunci : hasil belajar, menulis laporan wawancara, Think Talk Write (TTW), Think 

Pair Share (TPS), dan Talking Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa menulis 

laporan wawancara. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kurang 

memahami dan kurangnya latihan keterampilan menulis laporan wawancara. Untuk 

mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran Think Talk Write 

(TTW), Think Pair Share (TPS),dan Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar

menulis laporan wawancara. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui aktivitas guru dalam 

meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis laporan wawancara pada Tema 

Kayanya Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) 

dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick siswa kelas IV SDN 

Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar; 2) mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran 

Tema Kayanya Negeriku dengan materi menulis laporan wawancara menggunakan model 

pembelajaran Think Talk Write (TTW) dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) 

dan Talking Stick siswa kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar; 3) 

Mengetahui hasil belajar siswa tentang keterampilan menulis laporan hasil wawancara 

pada Tema Kayanya Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk 

Write (TTW) dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick siswa 

kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar.

Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang 

dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat 1 kali pertemuan dengan langkah 

perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian dilaksanakan di 

kelas IV SDN Simpang Warga 1 Kabupaten Banjar yang subjeknya berjumlah 32 orang, 

terdiri 12 laki –laki dan 20 perempuan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini 

adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data diinterpretasikan berdasarkan teknik 

penilaian dengan pembahasan skala persentase dan indikator keberhasilan ketuntasan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan aktivitas guru telah berhasil, terlihat 

pada siklus I memperoleh persentase 69,44% dengan kategori baik meningkat pada siklus 

II yang memperoleh persentase 88,88% dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan 

aktivitas siswa telah berhasil, terlihat pada siklus I memperoleh persentase 56,05% 

dengan kategori baik meningkat pada siklus II yang memperoleh persentase 85,16% 

dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I 

ketuntasan memperoleh persentase 41% dengan kategori cukup aktif meningkat pada 

siklus II yang memperoleh persentase 90,62% dengan kategori sangat aktif. Disarankan

kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) 

dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick sebagai salah satu 

alternatif dalam meningkatkan hasil belajar menulis laporan wawancara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI