DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY (SAVI), TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN SEMANGAT KARYA BARITO KUALA
PENGARANG:ARMILA HAFIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Hafizah, Armila 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectualy (SAVI), Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN Semangat Karya Abrito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Siklus Air, Inkuiri terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectualy (SAVI), dan Talking Stick.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa di kelas V SDN Semangat Karya Barito Kuala yang disebabkan oleh kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil balajar siswa pada materi siklus air dengan kombinasi model Inkuiri terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectualy (SAVI), dan Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar siswa berupa tes tertulis. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Pada Pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 42% pada kategori “Aktif dan Sangat aktif” menjadi 83% pada pertemuan 4 dengan kategori “aktif dan sangat aktif”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 50% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksan dengan sangat baik, aktivitas siswa memperoleh kategori aktif dan sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan kombinasi model Inkuiri terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intelellectualy (SAVI), dan Talking Stick pada materi siklus air. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI