DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, THINK PAIR SHARE DAN COURSE RIVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IVA SDN KUIN CEURUCUK 4 BANJARMASIN
PENGARANG:HUSNUL ZAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


 

Zainah, Husnul. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horray Pada Siswa Kelas IVA SDN Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin.” Skripsi Program SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. M. Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share, Course Review Horray.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IVA SDN Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan siswa sulit mengidentifikasi masalah dalam menyelesaikan masalah, materi sulit dipahami, kurangnya penggunaan media, model pembelajaran dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65. Solusi untuk mengatasinya menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horray. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IVA SDN Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penlitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 kali pertemuan pada kelas IVA SDN Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin tahun 2019/2020 dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi penilaian aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan tes tertulis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru siklus 1 pertemuan 1 memperoleh skor 35 dengan kriteria “Baik” dan mengalami peningkatan dipertemuan 2 memperoleh skor 41 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa siklus 1 pertemuan 1 memperoleh 64% dengan kriteria “Aktif“ dan meningkat dipertemuan 2 menjadi 84% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus 1 memperoleh 56% dipertemuan 2 menjadi 84%. Pengujian hipotesis ini mengandung makna bahwa dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horray dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar “dapat diterima”.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horray dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI