DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD DALAM MATERI BAHASA INDONESIA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MULTI MODEL
PENGARANG:HANI FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Fitriani, Hani. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD dalam Materi Bahasa Indonesia pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Pembelajaran Multi Model". Skripsi Program S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Aminuddin Prahatama Putra.

 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan hasil belajar dan mengoptimalkan aktivitas guru. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh 2 peneliti dalam 2 siklus. Teknik pengambilan data melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dari data aktivitas siswa dan aktivitas guru yang diperoleh dengan teknik observasi dan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes akhir di setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan siswa tuntas dengan mencapai nilai minimal 70 dan secara keseluruhan sekurang-kurangnya 82%. Hasil penelitian pertama menunjukkan terlaksananya aktivitas siswa menjadi 93% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, terjadi peningkatan 100% pada pertemuan 4.Aktivitas guru menunjukkan terjadi peningkatan 35 pada pertemuan 4. Hasil peneliti kedua menunjukkanterlaksananya aktivitas siswa terjadi peningkatan menjadi 94% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, terjadi peningkatan 94% pada pertemuan 4.Aktivitas guru menunjukkan terjadi peningkatan 31 pada pertemuan 4. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan multi model pembelajaran  CIRC, NHT, CRH, SAVI, Concept Sentence, dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan aktivitas guru. Sehingga disarankan peneliti selanjutnya agar digunakan sebagai  referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Tema Daerah Tempat Tinggalku dan Pembelajaran Multi Model.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI