DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CIRC, STAD DAN TALKING STICK DI KELAS IV SD
PENGARANG:HINDUN NAHDIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Nahdiyani, Hindun. 2020. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model CIRC, STAD dan Talking Stick di Kelas IV SD”. Skripsi Program S-1 PGSD FIKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Aminuddin Prahatama Putra.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran CIRC, STAD dan Talking Stick serta mendeskripsikan akivitas guru saat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindalan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kuin Selatan 1 Banjarmasin dengan 18 siswa dan 12 siswi. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan hasil belajar diperoleh dari tes yang diberikan kepada siswa di setiap akhir pertemuan dengan indikator keberhasilan jika siswa memperoleh nilai ≥70 dan keberhasilan secara keseluruhan jika memperoleh 80%.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dari pertemuan 1 pada siklus I hingga pertemuan 2 pada siklus II, aktivitas siswa memperoleh 48% terus meningkat hingga memperoleh 93%, hasil belajar siswa terus meningkat dari 35% hingga mencapai 88%, dan aktivitas guru terus meningkat dengan pemerolehan skor 31 hingga skor 38. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulakan bahawa penerapan kombinasi model CIRC, STAD dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta aktivitas guru, sehingga diharapkan penelitian ini dapat digunakan oleh kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya sebagai referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci: Membaca, CIRC, STAD, Talking Stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI