DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materu Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Menggunakan Kombinasi Model Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick Di SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin
PENGARANG:HALIMATUS SADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


ABSTRAK

 

Sa’diah, Halimatus. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick Pada Kelas V SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick.

 

Permasalahan siswa pada pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan di Kelas V SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin, disebabkan rendahnya rendahnya hasil belajar siswa, dimana siswa masih kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan masih bersifat satu arah, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar pada pelajaran IPS materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK).

Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 83.33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI