DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN BERANGAS BARAT 2 BARITO KUALA
PENGARANG:EKA RAULIA WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


 

Wardani, Eka Raulia. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika menggunakan Kombinasi Model Realistic Mathematics Education (RME), Numbered Head Together (NHT), Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Berangas Barat 2 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, RME, NHT, CRH.

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami konsep pembelajaran, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, dan siswa kurang terampil dalam pemecahan masaalah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami soal yang sifatnya abstrak, kurangnya pembelajaran yang bermakna bagi siswa, dan tidak terampilnya siswa dalam memecahkan soal yang diberikan. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran RME, NHT, dan CRH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Berangas Barat 2 Barito Kuala pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan untuk data kuantitatif berupa hasil evaluasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator yang telah ditetapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik dan meningkat pada pertemuan 4 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria kurang aktif dan meningkat pada pertemuan 4 dengan kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 30% dan meningkat pada pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 91%.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran RME, NHT, CRH menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi kepala sekolah dan guru, dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI