DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BANJAR NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENGURANGAN PEMAKAIAN KANTONG PLASTIK DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SAFARINA ULFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Plastik merupakan suatu benda yang proses penguraiannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga akan membawa dampak buruk bagi lingkungan akibat kandungan-kandungan didalamnya. Mengingat betapa bahayanya kantong plastik apabila digunakan secara berlebihan maka pemerintah Indonesia salah satunya Kabupaten Banjar mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. Kebijakan pegurangan pemakaian kantong plastik diformulasikan pada tahun 2016, akan tetapi kebijakan tersebut baru dilaksanakan pada pertengahan tahun 2019.

Terdapat dua masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : 1. Bagaimana implementasi Peraturan Bupati Banjar Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pengurangan Pemakaian Kantong Plastik di Kabupaten Banjar? 2. Apa faktor yang menghambat implementasi Peraturan Bupati Banjar Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pengurangan Pemakaian Kantong Plastik di Kabupaten Banjar?

Untuk menghasilkan jawaban dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti akan terjun langsung kelapangan dan melakukan penelitian dengan cara pengamatan dan wawancara mendalam dengan beberapa informan yang terkait dengan penelitian.

Hasil penelitian menunjukan Implementasi Peraturan Bupati Banjar No 8 Tahun 2016 tentang Pengurangan Pemakaian Kantong Plastik belum bisa dikatakan berjalan dengan maksimal karena masih dalam tahap sosialisasi dan pengawasan. Pemerintah pun melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar masih terus berupaya dalam mengoptimalkan penyelenggaran peraturan tersebut. Sementara pemerintah berharap sebelum masyarakat dibiasakan untuk tidak bergantung pada penggunaan kantong plastik, hal utama yang lebih penting adalah meningkatkan kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI