DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA/DONGENG YANG PERNAH DIDENGAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN STORY TELLING KOMBINASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA ANAK-ANAK KELAS A TK TANJUNG SARI BANJARMASIN
PENGARANG:HARWINDASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Harwindasari. 2020. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak dalam Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Pernah Didengar Melalui Metode Pembelajaran Story Telling Kombinasi dengan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Pembelajaran Talking Stick pada Anak-Anak Kelas A TK Tanjung Sari Banjarmasin.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. Rusmansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Bahasa, Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng yang Pernah Didengar, Picture and Picture, Talking stick, dan Story Telling

Permasalahan yang ditemukan adalah belum berkembangnya aspek bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran hanya terfokus satu arah yaitu pada guru, penggunaan model atau metode pembelajaran yang kurang tepat dalam pengajaran juga membuat anak merasa bahwa menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar itu membosankan, dan kurangnya media pembelajaran.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan.  Pengumpulan  data  yaitu  melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A TK Tanjung Sari Banjarmasin dengan jumlah anak yaitu16 orang anak terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 4 anak laki-laki.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil mencapai skor 26 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak berhasil mencapai persentase 87,50% dengan kategori sangat aktif. Untuk hasil kemampuan bahasa dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar berhasil/berkembang dengan persentase 87,50% anak memperoleh ≥ ??? dengan kategori berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model picture and picture, model talking stick, dan metode story telling dapat mengembangakan kemampuan bahasa pada anak kelompok A TK Tanjung Sari Banjarmasin. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi dan bahan pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas khususnya mengembangkan kemampuan bahasa dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI