DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG BALOK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL OPEN ENDED PROBLEMS, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PERMAINAN UNO STACKO DI KELAS V SDN TELUK DALAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIYA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Rahmah, Auliya. 2020 “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Balok Menggunakan Kombinasi Model Open Ended Problems, Numbered Head Together Dan Permainan Uno Stacko Di Kelas V Sdn Teluk Dalam 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Zulkifli, M. Pd.

Kata Kunci :  Aktivitas dan Hasil Belajar, Open Ended Problems, Numbered Head Together, Permainan Uno Stacko

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin dalam mata pelajaran Matematika,   nilai hasil belajar siswa tahun ajaran 2018/2019 hanya mencapai 37,5%  siswa yang berhasil mencapai KKM dari total seluruh siswa. Hal ini dikarenakan  pembelajaran masih dilakukan secara konvensional dan kurang bermakna serta siswa hanya dituntut untuk menghafal rumus, bukan untuk memahami konsep materi yang diajarkan. Oleh sebab itu, perlu dilaksanakan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi Model Pembelajaran Open Ended Problems, Numbered Head Together, dan Permainan Uno Stacko. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II Siklus. Setting penelitian di SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin pada materi Volume Bangun Ruang Balok di Kelas V Semester II tahun pelajaran 2019/2020 Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan untuk data kuantitatif yang berupa hasil evaluasi belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada Siklus I mendapat skor 33 dengan kategori baik meningkat hingga skor 39 pada Siklus II dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa Siklus I mendapat 52% meningkat hingga 89,3% pada Siklus II. Dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada Siklus I adalah 52%, 52% dan 48% meningkat pada Siklus II mencapai  82,1%, 92,9% dan 85,7%.  Jika diterapkan kombinasi model pembelajaran Open Ended Problems, Numbered Head Together, dan Permainan Uno Stacko maka aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa  Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada materi Volume Bangun Ruang menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Open Ended Problems, Numbered Head Together, dan Permainan Uno Stacko meningkat dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI