DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Peran, Pola Asuh Terhadap Komunikasi Orang Tua dan Kemandirian Sosial Anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah
PENGARANG:Novi suma setyawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


ABSTRAK

Setyawati, Novi Suma. 2020. Pengaruh Peran, Pola Asuh Terhadap Komunikasi Orang Tua dan Kemandirian Sosial Anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah. Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I): Drs. Sulaiman,M.Pd.,Ph.D. (II): Dr.Noorhapizah,ST.,M.Pd.

 

Kata kunci:  Peran, Pola Asuh Terhadap Komunikasi Orang Tua dan Kemandirian Sosial

 

Selama ini kemandirian anak di TK TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah belum menunjukan sikap mandiri di sekolah. Kemandirian dapat juga dipengaruhi oleh beberapa fakor yaitu anak terlalu dimanjakan atau orang tua masih menganggap anak masih tidak mampu melakukannya sendiri yang mengakibatkan anak masih bergantung dengan orang tuanya atau orang yang mereka anggap dekat. Orangtua membiasakan anak untuk berusaha mengerjakan setiap tugas mereka sendiri, dan berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, agar mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab, terutama untuk dirinya sendiri. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh peran, pola asuh terhadap komunikasi orang tua dan kemandirian sosial anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode sebab akibat. Populasi penelitian ini berjumlah  360 dengan teknik sampel proporsional dengan sampel 189 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis path.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh peran orang tua terhadap komunikasi orang tua di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah sebesar 0,620. Terdapat Pengaruh pola asuh orang tua terhadap komunikasi  orang tua di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah yaitu 0,391. Terdapat pengaruh peran orang tua terhadap kemandirian sosial anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah sebesar 0,568. Terdapat Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian sosial anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah yaitu 0,696. Terdapat Pengaruh komunikasi orang tua terhadap kemandirian sosial anak di TK Gugus Cempaka  Kecamatan Banjarmasin Tengah  0,625. Terdapat Pengaruh peran orang tua melalui komunikasi  terhadap kemandirian anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah sebesar 0,06566. Terdapat  Pengaruh pola asuh orang tua melalui komunikasi terhadap kemandirian sosial anak di TK Gugus Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah sebesar 0,1144.

Disarankan hendaknya sebagai orang tua dapat memahami dengan baik cara mendidik anak sehingga dapat memberikan kemandirian pada anak dan mereka dapat memahami diri mereka di masa yang akan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI