DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN SCRAMBLE KELAS IV SDN BANYU HIRANG GAMBUT
PENGARANG:ANISA ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Anggraini, Anisa. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Scramble  Kelas IV SDN Banyu Hirang. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd. 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Group Investigation, Numbered Head Together, Scramble, IPS.   

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, kurangnya pemahaman siswa akan konsep materi, dan pembelajaran kurang menekankan pada sikap serta berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Banyu Hirang dengan jumlah 18 siswa. Data yang di ambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil dengan skor ≥22 pada kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa mencapai klasikal ≥82% dengan kategori sangat aktif dan aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥70 dengan klasikal ≥87%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru Pertemuan 1 mencapai skor 21 kriteria baik, Pertemuan 2 mencapai skor 24 kriteria sangat baik, Pertemuan 3 mencapai skor 26 kriteria sangat baik, dan Pertemuan 4  mencapai skor 28 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Pertemuan 1 mencapai 42,86% kriteria kurang aktif, Pertemuan 2 mencapai 52,94% kriteria cukup aktif, Pertemuan 3 mencapai 87,50% kriteria sangat aktif, dan Pertemuan 4 mencapai 100% kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 mencapai 42,86%, Pertemuan 2 mencapai 58,82%, Pertemuan 3 mencapai 75%, dan Pertemuan 4  mencapai 93,75%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Banyu Hirang dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, kurangnya pemahaman siswa akan konsep materi, dan pembelajaran kurang menekankan pada sikap serta berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI