DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOMBINASI GIVE A MATCH (MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH) PADA KELAS IV DI SDN BERANGAS 1 BARITO KUALA
PENGARANG:ILHAM NOR CAHYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurang antusias siswa terhadap pembelajaran dan kurangnya tingkat pemahaman siswa. Sehingga upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model kombinasi Give a Match (Group Investigation, Mind Mapping dan Make a Match). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kela IV semester genap SDN Berangas 1 Barito Kuala tahun pelajaran 2019/2020. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase yang dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan II mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemua I mencapai 41%, pertemuan II mencapai 72%, dan pertemuan III mencapai 91%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Give a Match (Group Investigation, Mind Mapping dan Make a Match) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS di kelas IV SDN Berangas 1 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI