DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN TELUK TIRAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:NORMATIARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Normatiara. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing di Kelas IV SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes, AIFO Kata kunci: Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), Snowball Throwin, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah siswa dalam proses pembelajaran belum mampu untuk berpikir secara kritis, siswa belum mampu untuk memecahkan permasalahan secara mandiri dan cenderung menunggu arahan dari guru. Pembelajaran kurang bermakna bagi siswa, siswa cenderung pasif dan kurang percaya diri saat proses pembelajaran. Siswa kurang bersemangat dalam belajar, sibuk sendiri ketika proses pembelajaran berlangsung atau bahkan asyik berbicara dengan teman sebangkunya sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan penelitian teoritik atau studi literatur dengan cara pengambilan data melalui berbagai sumber baik berupa artikel, buku-buku jurnal, maupun media lain yang mendukung teori model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas siswa yang nantinya berdampak pada hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI