DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN WARNA, BENTUK, DAN UKURAN DENGAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH DAN METODE PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK B TK AISYIYAH IV KELUA KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:YUNITA ELDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-20


Sari, Yunita Elda. 2020. Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk, dan Ukuran dengan Kombinasi Model Make A Match dengan Metode Pemberian Tugas Kelompok B Tk Aisyiyah IV Kelua Kabupaten Tabalong.Skripsi. Program PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin, Pembimbing Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc.

Kata Kunci: Kognitif, Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk, dan Ukuran, Make a match, Pemberian Tugas.

      Penelitian ini dilakukan di Tk Aisyiyah Iv Kelua Kabupaten Tabalong pada anak kelompok B. masalah utama dalam penelitian tindakan kelas ini (PTK) ini adalah anak belum mampu mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran dikarenakan penggunaan model dan metode pembelajaran yang aktif, inovatif dan menyenangkan bagi anak menyebabkan banyak anak yang kurang terlibat aktif pada proses pembelajaran dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik sehingga anak mudah bosan dan menimbulkan motivasi belajar anak yang rendah. Strategi yang dapat digunakan dalam mengatasi hal tersebut yaitu model Make a match, metode pemberian tugas.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yaitu pertemuan pertama, kedua, dan ketiga. Setiap pertemuan dilaksanakan perencanaan. Pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, dan observasi hasil percapaian perkembangan kognitif anak. Indikator keberhasilan yaitu apabila aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal mencapai kategori sangat aktif sedangkan pencapaian perkembangan kognitif secara individual anak minimal mendapat bintang  ≥((( dengan kategori berkembang sesuai harapan dan secara klasikal mencapai ≥80%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru terlaksana pada pertemuan pertama yaitu 15 (Cukup Baik), pada pertemuan 2 yaitu 19 (Baik), dan pertemuan 3 yaitu 20 (Baik). (2) aktivitas anak persentase yang diperoleh pada pertemuan pertama yaitu 43,75% (cukup aktif), pada pertemuan 2 31,25% (Aktif), dan pertemuan 3 yaitu 31,25% (Sangat Aktif).

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match, Metode pemberian tugas dapat mengembangkan aspek kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran pada anak kelompok B Tk Aisyiyah Iv Kelua Kabupaten Tabalong maka disarankan kepada guru dan peneliti agar dapat menjadi masukan dalam memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI