DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION DAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENCOCOKKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK
PENGARANG:NORSYIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


ABSTRAK

Norsyifa. Analisis Pengaruh Penggunaan Kombinasi Model Demonstration dan Make a Match dengan Media Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Nanik Mariani M.Pd.

Kata kunci: Kognitif, Model Demonstration, Make a Match dan Media Visual

Dari analisis dokumentasi, permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan kognitif dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan. Aktivitas anak yang belum optimal menyebabkan belum berkembangnya aspek kognitif anak dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.

Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis pengaruh model pembelajaran demonstration dan make a match dengan media visual terhadap perkembangan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak

Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumentasi dimana data dokumentasi bersumber dari Penelitian Tindakan Kelas Asrul Hidayat (2019) dan Nanda Hardianti Rahmatin (2019). Penelitian dilaksanakan selama 4 kali pertemuan oleh Asrul Hidayat (2019) dan Nanda Hardianti Rahmatin (2019). Subjek penelitian adalah skripsi Penelitian Tindakan Kelas milik Asrul Hidayat (2019) dan Nanda Hardianti Rahmatin (2019)

Data diperoleh dari dokumentasi Skripsi Penelitian Tindakan Kelas milik Asrul Hidayat (2019) dan Nanda Hardianti Rahmatin (2019). Hasil dari dua penelitian ini yakni berkenaan dengan aktivitas guru sudah terlaksana sesuai langkah-langkah yang sudah ditetapkan dengan kriteria sangat baik. Berkenaan aktivitas anak mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan kriteria sangat aktif. Kemudian dari pada itu berkenaan dengan pengembangan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menggunakan kombinasi model Demonstration, Make a Match dengan media visual mengalami perkembangan yang sangat baik.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran demontration dan make a match dengan media visual dapat mempengaruhi perkembangan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI