DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS ANAK DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN TAKE AND GIVE DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK B DI PAUD TERPADU ISLAM BAITUL MAKMUR
PENGARANG:RABIATUL MARLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


Marliana, Rabiatul. 2020. Mengembangkan Kognitif dam Aktivitas Anak dalam Mencocokkan Bilangan dan Lambang Bilangan Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dan Take and Give dengan Permainan Ular Tangga pada Kelompok B di PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci:         Aktivitas Belajar, Model Make A Match, Model Take and Give dan Permainan Ular Tangga

 

Permasalahan penelitian ini adalah belum berkembangnya aspek kognitif dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran bilangan langsung ke inti, tidak melalui tahapan yang semestinya dan media yang diberikan kurang menarik. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran make a match dan take and give dengan menggunakan permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur tahun pelajaran 2019/2020, jumlah anak sebanyak 16 anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan diagram dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria sebagian kecil anak aktif, pertemuan II mencapai kriteria sebagian kecil anak aktif, pertemuan III mencapai kriteria sebagian besar anak aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria hampir seluruh anak aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar anak pada pertemuan I masih 0%, pertemuan II mencapai 31,25%, pertemuan III mencapai 50%, dan pertemuan IV mencapai 87,5%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dan take and give dengan permainan ular tanggapada anak kelompok B PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur dalam mencocokkan bilangan dan lambang bilangan mengalami perkembangan. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak khususnya dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.         

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI