DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM SOLVING, SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELECTUALLY (SAVI), DAN COURSE REVIEW HORRAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 2 BANJARMASIN
PENGARANG:KHAIRIL RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


ABSTRAK

 

Rifani, Khairil 2020, “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Kombinasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (SAVI), Dan Course Review Horray (CRH) Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Lingkungan Sahabat Kita, Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization and Intelectually, dan Course Review Horray.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran yang hanya berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung hanya terpaku pada buku. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS dengan Kombinasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (SAVI), Dan Course Review Horray (CRH).

Penelitian ini juga menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang akan digunakan adalah analisi data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dari aktivitas guru dan siswa. Serta data Kuantitatif yang diperoleh dari teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktf”. Hasil belajar siswa tuntas jika mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas dari aktivitas guru yang semula hanya mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 18% pada kategori “Sangat Aktif dan Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 100% pada kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pertemuan 1 mencapai ketuntasan klaskil 21% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat baik, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal dengan menggunakan kombinasi model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (SAVI), dan Course Review Horray (CRH) pada tema lingkungan sahabat kita. Hasil yang didapatkan peneliti ini disarankan sebagai alternative pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPS tema Lingkungan Sahabat Kita dikelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI