DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), GROUP INVESTIGATION (GI), AND TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT), (TEXTI GAMES) PADA SISWA KELAS IVB SDN PEMURUS DALAM 5 BANJARMASIN
PENGARANG:BAITI AWALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


ABSTRAK

 

Awaliyah, Baiti. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKn Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku  Menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching And Learning (Ctl),  Group Investigation (Gi), dan  Teams Games Tournament (Tgt), (Texti Games) Pada Siswa Kelas IVB SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH. M.Pd.,

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Indahnya Keragaman di Negeriku, Kombinasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL), Group Investigation (GI), and Teams Games Tournament (TGT).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, kurang antusias dalam mengemukakan pendapat, pembelajaran bersifat satu arah dan kurangnya motivasi belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin muatan pelajaran PPKn. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Contextual Teaching And Learning (Ctl),  Group Investigation (Gi), dan  Teams Games Tournament (Tgt).

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB semester genap SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 29 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria "baik”, pertemuan II mencapai kriteria “sangat baik”, pertemuan III mencapai kriteria “sangat baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria “kurang aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “cukup aktif”, pertemuan III mencapai kritria “aktif”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 34%, pertemuan II mencapai 44%, pertemuan III mencapai 77%, dan pertemuan IV mencapai 94%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), Group Investigation (GI), and Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis dapat disarankan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, khususnya pada mata pelajaran PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI