DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK KASAR ANAK DALAM MELAKUKAN GERAKAN KAKI TANGAN KEPALA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTIOM PICTURE AND PICTURE DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK B TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MAHRIDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


Mahridha, Siti. (2020) ” Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Kasar Anak Dalam Melakukan Gerakan Kaki Tangan Kepala Menggunakan kombinasi Model Explicit Instruction, Picture and Picture dan Metode Pemberian Tugas dengan Media Audio Visual Pada Kelompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi, M.Pd

Kata kunci : Melakukan Gerakan kaki tangan dan kepala, Explicit Instruction, Picture and Picture dan Metode Pemberian Tugas dengan Media Audio Visual.

Permasalahan pada penelitian ini adalah dalam melakukan gerakan kaki tangan dan kepala dalam melakukan senam masih kurang menarik pembelajaran yang disajikan pada kegiatan senam yang hanya menggunakan irama lagu-lagu yang dinyanyikan secara bersama-sama yang membuat anak kurang bersemangat untuk melakukan gerakan sehingga masih ada anak yang kurang aktif saat melakukan gerakan senam. Sehingga berdampak pada perkembangan motorik kasar anak saat melakukan gerakan kaki tangan kepala masih renda. Untuk mengatasinya dengan kombinasi model explicit instruction, picture and picture dan metode pemberian tugas dengan media audio visual yang mampu membantu pembelajaran menjadi berkualiatias sehingga aktivitas anak pada kegiatan senam menjadi aktif, efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajar kelompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin.

Penelitian ini dilaksanakan megikuti prosuder penelitian tindakan kelas (PTK)  yang dilakukan dalam 4 kali pertemuan dilaksanakan di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin. Penelitian tindakan kelas ini termasuk penelitian kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan lembar hasil belajar pengembangan anak. Indikator keberhasilan PTK ini adalah aktivitas guru mencapai ≥24 (sangat baik), aktivitas anak dengan indikator keberhasilan ≥80% (sangat aktif) dan hasil belajar secara klasikal minimal ≥80% anak memperoleh bintang 3 («««) berkembang sesuai harapan (BSH) dari seluruh anak.

Hasil penelitian membuktikan bahwa menggunakan kombinasi model explicit instruction, picture and picture dan metode pemberian tugas dengan media audio visual dalam melakukan gerakan kaki tangan dan kepala dalam melakukan senam pada kegiatan senam ini aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas anak dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif dan pada hasil pengembangan secara individual dinyatakan berhasil dan secara klasikal juga dinyatakan berhasil.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model explicit instruction, picture and picture dan metode pemberian tugas dengan media audio visual dalam melakukan gerakan kaki tangan dan kepala dalam melakukan senam dapat mengembangkan aspek motorik kasar dengan demikian diharapkan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI