DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemerintah Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk (Studi Tentang Peran dan Fungsi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin
PENGARANG:SYAHRI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


ABSTRAK

Syahri Ramadhan, Nim D1B115041. “ Strategi Pemerintah Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk Kota Banjarmasin (Studi Peran dan Fungsi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin) “, dibawah Bimbingan Abdurrahman, sebagai pembimbing I dan Gazali Rahman, sebagai pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam pengendalian pertumbuhan penduduk (studi tentang peran dan fungsi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin). Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Selain itu untuk teori yang digunakan untuk menganalisis permasalah dilapangan mengunakan teori Steiner and Miner (1977) yakni kebijakan, manajemen kelayakan impelementasi. Sedangkan  untuk informan kunci dalam penelitian ini yakni Kepala Seksi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin dan Kepala Seksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kemudian kepada penyuluh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin. 

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program Kampung KB (Keluarga Berencana) di Kota Banjarmasin. Strategi yang di lakukan  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat yaitu melalui koordinasi antar lintas sektoral, pendampingan dan pengawasan di setiap program yang akan dilaksanakan, serta pendekatan dengan masyarakat belom optimal, kurangnya sumber daya manusia (SDM) pegawai, koordinasi lintas sektor yang masih minim, dan sarana dan prasarana yang belom lengkap, dan strategi yang tepat yaitu melakukan kerjasama dengan dinas terkait lainnya untuk berkonsentarasi meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat, melakukan evaluasi kebijakan program pengelolaan dengan pihak-pihak terkait, melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat.

Saran peneliti terhadap Dinas Pengendalian Pertumbuhan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat agar strategi lebih optimal adalah lebih meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar lintas sektor lainnya dalam hal kegiatan baik dan lebih meningkatkan peran serta terhadap pengelolaan program kampung KB (Keluarga Berencana) ini, terutama di bidang pembangunan dan perbaikan infrastruktur juga kesehatan masyarakat. meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten dalam program upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

Kata Kunci : Strategi Pemerintah Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk Kota Banjarmasin

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI