DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN BENDA BERDASARKAN UKURAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KOMBINASI DENGAN TPS, DIRECT INTRUCTION ANAK KELOMPOK A TK PELITA BANGSA
PENGARANG:SELVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


Selvia. 2020. Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Mengurutkan Bendaberdasarkan Ukuran Menggunakan Model PembelajaranPicture and Picture Kombinasi dengan TPS, Direct Instruction Anak Kelompok A TK Pelita Bangsa.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci      : Kognitif, Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran, Picture and picture, Think pair share (TPS), Direct Intruction

 

Penelitan ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil capaian perkembangan kognitif anak kelompok A dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran. Hal ini disebabkan oleh penjelasan materi yang diberikan oleh guru sulit diingat oleh anak, model pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan media pembelajaran, serta proses pembelajaran yang kurang menarik perhatian dan minat anak sehingga anak kesulitan dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian pengembangan anak dalammengurutkan benda berdasarkan ukuran menggunakan model pembelajaran picture and picture kombinasi dengan think pair share, direct instruction.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pelita Bangsa yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif. Analisis data secara kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥ 52 dengan kategori “BSB”, aktivitas anak mencapai ≥82 dengan kategori “BSB”, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang ««« (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran picture and picture kombinasi dengan think pair share, direct instructiondapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 39 meningkat menjadi 44 pada pertemuan III dengan kriteria “berkembang sangat baik”. Aktivitas anak memperoleh 46% mulai berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai 72% dengan kriteria “berkembang sesuai harapan”, pada hasil capaian perkembangan anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 8 anak memperoleh bintang ««« (BSH) dan 5 anak memperoleh bintang «««« (BSB) dengan persentase 81.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa menggunakan model pembelajaran picture and picture kombinasi dengan think pair share, direct instruction dalam mengurutkan benda berdasarkan ukurandapat mengembangkan aspek kognitif kelompok A TK Pelita Bangsa. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran kognitif khususnya dalam mengurutkan benda berdasarkan ukuran sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI