DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TIPOGRAFI, IMAJI, DAN RIMA DALAM PUISI PESERTA DIDIK KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMADIYAH 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:RIZKI TRI YUNIAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


 

ABSTRAK

 

 

 

Yuniar, Rizki Tri. 2020. Tipografi, Imaji, dan Rima dalam Puisi Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

 

 

Kata kunci: Tipografi, Imaji, dan Rima.

 

Tipografi, imaji, dan rima merupakan struktur fisik yang digunakan dalam menulis sebuah puisi. Penggunaan tipografi, imaji, dan rima ini akan membuat puisi yang ditulis terlihat secara fisiknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikantipografi, imaji, dan rima puisi peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019.

 

Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hal tersebut karena tipografi, imaji, dan rima dalam puisi dideskripsikan melaluidokumen hasil tugas menulis puisi peserta didik. Data penelitian ini yaitu kata-katadalam puisi yang berupa tipografi, imaji, dan rima. Sumber data penelitian ini yaitu arsip guru mata pelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Banjarmasin. Instrumen  penelitian ini yaitu pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitudokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan aktivitas data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.

 

Berdasarkan hasil analisis diketahui pada aspek tipografi, ditemukan dua jenis tipografi yaitu tipografi konvensional dan tipografi seperti prosa.Tipografi konvensional yang digunakan ada empat jenis yaitu huruf kecil semua tanpa tanda baca, huruf besar pada awal baris tanpa tanda baca, huruf besar dan kecil dengan tanda baca, dan baitnya menjorok ke dalam. Pada aspek imaji ditemukan tiga jenis imaji, yaitu imaji penglihatan, pendengaran, dan perabaan.Pada aspek rima, ditemukan beberapa jenis rima yaitu berdasarkan bunyi, berdasarkan letak dalam baris, berdasarkan letak dalam kata, dan berdasarkan letak dalam bait. Jenis rima berdasarkan jenis bunyi, ditemukan peserta didik menggunakan rima asonansi dan rima aliterasi. Jenis rima berdasarkan letak dalam baris, ditemukan peserta didik menggunakan rima awal, rima tengah, rima akhir, rima horizontal, dan rima vertikal. Jenis rima berdasarkan letak dalam kata, ditemukan peserta didik menggunakan rima sempurna, rima tak sempurna, dan rima mutlak. Jenis rima berdasarkan letak dalam bait, ditemukan peserta didik menggunakan rima silang, dan rima penuh.

 

Berdasarkan semua jenis tipografi yang digunakan, jenis tipografi konvensional merupakan jenis yang paling banyak digunakan peserta didik. Berdasarkan semua jenis imaji yang digunakan, imaji penglihatan merupakan imaji yang paling banyak digunakan peserta didik. Kemudian, berdasarkan semua jenis rima yang digunakan, rima berdasarkan bunyi yang paling banyak digunakan peserta didik yaitu rima asonansi. Berdasarkan letak dalam baris, peserta didik banyak menggunakan rima awal. Berdasarkan letak dalam kata, rima sempurna merupakan rima yang paling banyak digunakan.  Kemudian, berdasarkan letak dalam bait, penggunaan rima silang dan rima penuh digunakan sama banyak oleh peserta didik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI