DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL MAGNESIUM KOMBINASI MODEL (PBL, TTW, DAN TGT) DI KELAS V SDN BASIRIH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SYARIFAH INNAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


Innayah, Syarifah. 2020.  Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Menggunakan Model MAGNESIUM Kombinasi Model (PBL, TTW, dan TGT)  di Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Matematika, Pengumpulan dan Penyajian Data, Problem Based Learning  (PBL), Think Talk Write (TTW), Teams Games Tournament (TGT).

 

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin adalah rendahnya hasil belajar matematika materi pengumpulan dan penyajian data. Penyebabnya adalahkurangnya penanaman konsep materi yang di ajarkan kepada siswa. Belum tersajinya kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif, terampil dalam memecahkan masalah dan mengomunikasikan idenya dalam pembelajaran. Pembelajaran yang terkesan monoton dan dan kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu maka dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa materi pengumpulan dan penyajian datamenggunakan model MAGNESIUM yang merupakan kombinasi model Problem Based Learning, Think Talk Write, dan Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru,dan menganalisis aktivitas siswa, motivasi belajar serta hasil belajar siswa materi pengumpulan dan penyajian data pada siswa kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin.

 Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, motivasi belajar siswa yang didapat melalui angket serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Analisis data dilakukan dengan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah guru tetapkan.

Hasil penelitian observasi aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa telah mengalami peningkatan mencapai sangat aktif dengan perolehan 97,14%. Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan hingga mencapai 94,28%. Serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan IV mencapai 100%

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model MAGNESIUM kombinasi model Problem Based Learning  dengan Think Talk Write dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar siswa.

Disarankan kepada guru di SDN Basirih 1 Banjarmasin khususnya pada muatan Matematika untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model MAGNESIUM kombinasi model Problem Based Learning  dengan Think Talk Write dan Teams Games Tournament.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI