DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:HINDUN APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-21


 

ABSTRAK

 

Aprilia, Hindun. 2020.Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together (NHT), Dan Snowball Throwing Pada Kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata Kunci      : Keragaman di Indonesia, Ragam Jenis Usaha, Adat dan Budaya,Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Snowball Throwing.

 

 

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa bersifat pasif, motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn rendah juga kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan PPKn pada materi keragaman sosial dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM.  Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif, model dan media kurang menarik dan pembelajaran yang berlangsung satu arah. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin.

 

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin yang berjumlah 27 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥66.

 

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

 

Disarankan kepada guru di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin khususnya pada muatan PPKn untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media danmodel pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI