DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION, TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY DAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK TENGAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:REZKI AMALIA PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


ABSTRAK

Puteri, Rezki Amalia. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually, dan Learning Together Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Tengah 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually, dan Learning Together.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Alalak Tengah 1 Banjarmasin. Disebabkan kurangnya pemahaman siswa, siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, pembelajaran bersifat satu arah, kurang menarik dan kurang bermakna. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 29 meningkat pada pertemuan 4 menjadi 40 dengan kriteria sangat baik. Disebabkan guru selalu melaksanakan refleksi setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa dengan kriteria sangat aktif pertemuan 1 memperoleh 46,7% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90,7%. Dikarenakan siswa dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga mampu berpikir kritis. Hasil belajar siswa pertemuan 1 kognitif 63,3%, afektif 50%, psikomotorik 46,7% meningkat pada pertemuan 4 kognitif 93,8%, afektif 90,7%, dan psikomotorik 96,9%. Disebabkan meningkatnya kualitas guru yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar.

Dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Realistic Mathematic Education, Team Assisted Individually (TAI), dan Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI