DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA KONSEP KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN PEMURUS DALAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:IRMA ELIDA YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran dan pembelajaran yang disajikan hanya bersifat satu arah menyebabkan hasil belajar PKN  rendah pada siswa kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Hasil belajar yaitu melalui kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Crossword Puzzle . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Penelitian yang digunakanadalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswakelas IV semester genap SDN Pemurus Dalam 6 Kabupaten Banjarmasin jumlahsiswasebanyak28 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahlembarobservasiaktivitas guru dansiswadiambilpada proses pembelajaran. Analisisdalampenelitianinimenggunakandeskripsianalisisdengan cross tabulasi yang di interpretasikandenganmenggunakan kriteriapadamasing-masingindikatorkeberhasilanaktivitas guru danaktivitassiswa, sertatercapainyaketuntasanbelajarsiswasecara individual danklasikal.Indikatorkeberhasilanaktivitasguru berhasilapabilaskormencapai ≥26dengan kategorisangatbaik. Aktivitassiswaberhasilapabilamencapaipersentase ≥81%kategorisangataktif, danhasilbelajarsiswaberhasilapabilamencapai ≥70, sertaketuntasanklasikalsiswamencapai 80% dariseluruhsiswa yang mencapainilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperolehskor 22 dengankriteriabaik, danpertemuan 4 meningkatmenjadisangatbaikdenganmemperolehskor 30. Aktivitassiswapadapertemuan 1 secaraklasikal 35,7% padapertemuan 4 meningkatmenjadi 99,99%, sedangkanhasilbelajarsiswapertemuan 1 secara individual mencapai 18% padapertemuan 4 meningkatmenjadi 100%

Berdasarkanhasilpenelitian,dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakankombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together (NHT) danCrossword Puzzledapatmeningkatkanaktivitas guru, aktivitassiswadanhasilbelajarsiswapadamateri Keragaman suku bangsa di indonesia  di kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Kabupaten Banjarmasin.Disarankan agar penelitiinidapatdijadikansebagaialternatifdalampemilihan model untukmeningkatkankualitaspembelajaranterutamapadamatapelajaran PKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI