DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION , NUMBERED HEAD TOGETHER DAN SCREMBLE PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDN PEKAPURAN RAYA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:M.HARIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


 

M.Hariyadi. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kehidupan sosial dan budaya dilingkungan sekitar Dengan Kombinasi Model Group Investigation (GI) Numbered Heads Together (NHT) dan Scramble  Pada Siswa Kelas IV  SDN Pakapuran Raya  5 Banjarmasin.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah,.ST. M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation, model Numbered Heads Together, dan model Scramble.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih pasif dalam bertanya maupun diskusi, siswa masih pasif dalam bertanya maupun diskusi dan siswa kurang memahami pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton salah satuUpaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together dan Scramble.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menuingkatkan hasil belajar siswa.

 

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Penelitian ini dilakukan di SDN Pakapuran Raya  5 Banjarmasin pada siswa kelas IV  dengan jumlah siswa 24 orang tahun ajaran 2020/2021.Yang dilaksanakan empat kali pertemuan.Objek penelitian ini adalah pembelajaran kehidupan sosial dan budaya dilingkungan sekitar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together dan Scramble.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan persentase klasikal.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together dan Scramble diketahui aktivitas guru pada Pertemuan I mendapatkan kriteria baik, pada pertemuan II baik pada pertemuan III sangat baik pada pertemuan I mendapatkan kriteria sebagian kecil aktif, pada pertemuan II sebagian kecil aktif, pada pertemuan III hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai 75,00%, pada pertemuan II 82,00%, pada pertemuan III 93,00% dengan kriteria keseluruhan tuntas.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa secara rata-rata sudah sangat aktif dan secara klasikal hampir seluruhnya aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan baik berdasarkan individu maupun klasikal.


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI