DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, BERPIKIR KRITIS, DAN AKTIVITAS MENGGUNAKAN MODEL “BORNEO” KOMBINASI MODEL DIRECTED INQUIRY ACTIVITY (DIA), PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN KOANDA BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


 

ABSTRAK

 

 

 

Ridha, Muhammad. 2020. Meningkatkan kemampuan Membaca, Berpikir Kritis dan Aktivitas Muatan Bahasa Indonesia. Tema Giat berusaha meraih cita-citaku pembelajaran tentang Ciri-ciri puisi. Menggunakan Model “BORNEO” pada siswa kelas IV SDN Koanda Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Syahmani, M.Si

 

Kata Kunci : BORNEO; Kombinasi Model Directed Inquiry Activity, Problem Based Instruction dan Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pemebalajara siswa terhadap membaca, berpikir dan aktivitasnya masih belum terlihat dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Agar materi pmbelajaran tentang Tema Giat berusaha meraih cita-citaku pembelajaran tentang Ciri-ciri puisi.  Oleh sebab itu adapun yang harus di lakukan yaitu salah satunya dengan menggunakan model BORNEO. Tujuan peneltian ini agar meningkatkan kemampuan siswa baik dalam membaca, berpikir kritis maupun aktivitasnya.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Koanda Barito Kuala Tahun ajaran 2019-2020 dengan jumlah siswa sebanyak  17 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Borneo padaaktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan telah berhasil mencapai nilai kreteria yang diinginkan yaitu sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

 

Berdasarkan temuan hasil dari penelitian yang telah di lakukan. Dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model Borneo dapat meningkatkan kemaampuan siswa serta ke aktivitasan siswa dalam proses pembelajaran siswa Sehingga hipotesis dapat di terima. Jadi dalam hal ini disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan, ke aktivitasan siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pula.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI