DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN PURUN DI KAMPUNG PURUN BANJARBARU
PENGARANG:FAHREZA YUIDISTIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana peran kerajinan tangan anyamanpurun dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di Kampung Purun (2) faktor pendukung dan penghambat upaya masyarakat di Kampung Purun dalam meningkatkan ekonomi melalui kerajinan tanamanpurun.

Metode penelitian yang digunakan dalam adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan Trianggulasi data.

Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: peran kerajinan tangan anyamanpurun dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat yaitu memiliki potensi yang besar dalam penyerapan tenaga kerja dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan bahan baku lokal. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat upaya masyarakat di Kampung Purun dalam meningkatkan ekonomi melalui kerajinan tanamanpurun yaitu faktor pendukung, ialah : Tersedianya bahan mentah yang cukup, Tersedianya tenaga kerja, Tersedianya modal yang cukup, Sistem pemasaran yang lancar,  Letak geografis yang strategis dan menguntungkan. Sedangkan Faktor penghambat, ialah :Kurangnya modal kerja, Infrastruktur yang kurang memadai. Maka muncullah saran untuk pemerintah diharapkan mampu memperhatikan usaha kerajinan purun ini untuk mendapatkan pinjaman demi mengembangkan usaha produksinya serta memfasilitasi para pengrajin dalam menunjang pengembangan usaha kerajinan purun di Kampung Puruns.

Kata Kunci : Peningkatan Ekonomi, Kerajinan Anyaman Purun, Kampung Purun

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI