DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG USAHA PADA RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN BANJARBARU
PENGARANG:NURZULAIKHA PERMATA LENDRANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


Nurzulaikha Permata Lendrani (2020). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Piutang Pendapatan pada Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dra. Hj. Isnawati, MM, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi system dan prosedur pengendalian internal piutang usaha pada Rumah Sakit Idaman Banjarbaru. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan metode survey, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data yaitu melakukan perbandingan antara kondisi yang terjadi di Rumah sakit dengan pengendalian internal yang ditetapkan Comitte Of Sponsoring Organization of the Treadway Commission (COSO).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengendalian internal piutang usaha Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru masih kurang efektif. Untuk mencapai sebuah pengendalian internal piutang yang efektif, peneliti memberikan beberapa rekomendasi atas kekurangan yang dimiliki Rumah sakit. 1) Melakukan penyesuaian terhadap bagan alir, dan mendistribusikan bagan alir pada pihak yang terkait suatu prosedur, 2) Rumah sakit sebaiknya melakukan penambahan karyawan guna memverifikasi piutang agar tidak terjadi perangkapan fungsi, 3) Rumah sakit perlu melakukan pengajuan peraturan terhadap struktur organisasi pada pemerintah daerah. 4) Penambahan alat kehadiran/fingerprint dan melakukan penyimpanan secara elektronik, 5) Melakukan pengajuan penghapusan piutang macet, memberi memo yang berisi tanggal jatuh tempo pelunasan,  konfirmasi pelunasan, dan denda terhadap pihak yang terlambat melakukan pelunasan piutang, dan melakukan aktivitas pemantauan dan pengawasan secara berkala dan rutin.

Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal, COSO, Piutang Usaha, Rumah sakit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI