DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA KOMBINASI MODEL GI, NHT DAN SCREAMBLE
PENGARANG:NOOR AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


ABSTRAK

Noor Aulia. 2020 “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD Pada Muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Praja Muda Karana Menggunakan Kombinasi Model GI, NHT dan Screamble. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Aminuddin Prahatama Putra.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan mendeskripsikan aktivitas guru di kelas III SDN Anjir Serapat Lama. Salah satu upaya meningkatkan pembelajaran yaitu melalui kombinasi model GI, NHT dan Screamble. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus 4 kali pertemuan. Subjek Penelitian adalah siswa kelas III SDN Anjir Serapat Lama tahun ajaran 2019/2020. Jenis data ialah data kuantitatif melalui hasil tes evaluasi dan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 56%, meningkat pada siklus II skor 83%. Hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai indikator keberhasilan yaitu 90%. Ranah afektif yaitu SIP2 0 siswa meningkat pada SIIP4 menjadi 10 siswa dengan klasifikasi sudah membudaya, dan ranah psikomotorik yaitu SIP2 2 siswa meningkat pada SIIP4 menjadi 8 siswa dengan klasifikasi sangat baik. Aktivitas guru meningkat pada siklus I skor 78,12%, menjadi siklus II skor 96,97%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kombinasi Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Screamble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: hasil belajar siswa, Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI