DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM MENEMUKAN PARAGRAF DAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS BACAAN MENGGUNAKAN MODEL CIRCLE MATCH ( Cooperative Integrated, Reading And Composition, Scramble dan Make A Match ) PADA KELAS IV DI SDN KELAYAN TIMUR 11 BANJARMASIN
PENGARANG:FARIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


Faridah. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dalam Menemukan Paragraf Dan Gagasan Utama Pada Teks Bacaan Menggunakan Model Circle Match ( Cooperative Integrated, Reading And Composition, Scramble Dan Make A Match ) Pada Kelas IV di SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Nanik Mariani, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Cooperative Integrated, Reading And Composition, Scramble dan Make A Match.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa dalam menemukan kalimat utama suatu paragraf. mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Indahnya Keberagaman Di Negeriku  kelas IV SDN Kelayan Timur11 Banjarmasin. Disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Hasildan aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading And Composition, Scramble dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kelayan Timur11 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  25. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswadata kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 60%, pertemuan II memperoleh 92%, dan pertemuan III memperoleh 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 0%, pertemuan II mencapai 36%, dan pertemuan III mencapai 84%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated, Reading And Composition, Scramble dan Make A Match. dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI