DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), DIKOMBINASIKAN DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN BONEKA ESTAFET PADA SISWA KELAS V SDN TELUK DALAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AYU MAULINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-22


Maulina, Ayu. 2020. “Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), dikombinasikan dengan Student Team Achievement Division (STAD) dan Boneka Estafet Pada Siswa Kelas V SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar, Group Investigation (GI), Student Team Achievement Division (STAD), Boneka Estafe (Talking Stick)

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin dalam muatan pelajaran IPS tema lingkungan sahabat kita materi jenis-jenis usaha dilingkungan sekitar yang berada di bawah KKM. Hal ini karena pembelajaran masih bersifat satu arah yang menyebabkan siswa hanya menerima informasi tanpa ada timbal balik dari siswa, pembelajaran yang tidak inovatif, serta siswa kurang percaya diri dalam pembelajaran sehingga siswa mudah bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan, dilaksanakan di kelas V semester II tahun ajaran 2019/2020 di SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin yang berjumlah 29 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai 70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 33 dan meningkat pada pertemuan II mendapat skor 36. Aktivitas siswa pertemuan I mendapat 49%, meningkat pada pertemuan II menjadi 81%. Motivasi belajar siswa pertemuan I mendapat 68%, meningkat pada pertemuan II menjadi 80%, dan hasil belajar siswa pada pertemuan I mendapat 48% dan meningkat pada pertemuan II menjadi 81%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI),dikombinasikan denganStudent Team Achievement Division(STAD) dan Boneka Estafet dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI