DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), MAKE A MATCH DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN KUIN UTARA 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | AKHMAD PAUZI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-22 |
ABSTRAK
Fauzi, Akhmad. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Materi Peran ekonomi, Menggunakan Kombinasi Model Numbered Head Together (NHT), Make a Match dan Team Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN Kuin Utara 1 BanjarmasinSkripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Aktivitas, Disiplin, Hasil Belajar, peran ekonomi, Number Head Together (NHT), Make a Match, Teams Games Tournament (TGT).
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Peran ekonomi, Jenis-jenis usaha, Kegiatan usaha, Kegiatan yang Menghasilkan Barang dan Jasa, dan Kegiatan Berdasarkan Corak Kehidupan dengan Model Number Head Together(NHT) Make A Match dan Teams Games Tournament (TGT).
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa dan kedisiplinan belajar siswa, secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 26 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 37 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 51,4% kriteria “Aktif”, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 91,4% kriteria “Sangat Aktif”, Disiplin belajar juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 51,4% kriteria “ Disiplin”, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 88,6% kriteria “Sangat Disiplin”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 51,4% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 94,3%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, disiplin belajar sangat disiplin dan hasil belajar menigkat dan mencapai mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan model Model Number Head Together, Make A Match dan Teams Games Tournament pada materi Peran ekonomi.
ABSTRACT
Fauzi, Akhmad. 2020. Improving Student Activity, Discipline and Learning Outcomes on IPS Contents Economic Role Materials Using the Models of Number Head Together, Make a Match and Teams Games Tournament in grade V Students at SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin.Thesis Elementary School Teacher Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Advisor: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.
Keywords: Activities, Discipline, Learning Outcomes, Economic Role Number Head Together (NHT), Make A Match and Teams Games Tournament (TGT).
The problem of this study is the low activity, discipline and student learning outcomes in grade V SDN North Kuin utara 1 Banjarmasin caused by one-way learning, learning and learning activities tend to be fixated on textbooks and the less active role of students in learning. The purpose of this study was to determine teacher activity, student activity, student discipline and improvement of student learning outcomes Economic Role, on Type of bussiness Activities, Activities that Produce Goods and Services, and Activities Based on the Pattern of Life with model of Number Head Together, Make A Match and Teams Games tournament.
This study uses Classroom Action Research (CAR) and was conducted in 4 meetings in grade V SDN Kuin utara 1 Banjarmasin with 35 students. Data were analyzed qualitatively, namely teacher activity, student activity and student learning discipline, quantitatively, namely student learning outcomes.
The results showed that teacher activity at each meeting always increased from a score of 26 criteria of "Good", increased to a score of 37 criteria of "Very Good". Student activity also increased at meeting 1, getting 51,4% of the criteria for "Active", and increasing at meeting 4 to 91,4% of the criteria for "Very Active", Discipline learning also increased at meeting 1, getting 51,4% of the criteria of "Highly Disciplined", and increasing at 4th meeting became 88,6% the criteria of "Very Disciplined". Similarly, student learning outcomes at meeting 1 gained 51,4% and increased at meeting 4 to 94,3%.
Based on the results of this study it can be concluded that the activities of the teacher are carried out very well, the activities of students are very active, the discipline of learning is very disciplined and the learning outcomes increase and achieve complete mastery individually or classically using a model Model Number Head Together, Make A Matc and Teamg Games Tournament on material, Type of business, Business characteristic, Activities that Produce Goods and Services, and Activities Based on the Pattern of Life.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI