DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), TIME TOKEN ARENDS DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS V A SDN GUDANG HIRANG 3 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:EKO ARYANTO MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-23


 

 

Maulana, Eko Aryanto. (2020). Meningkatkan Aktivitas danHasil Belajar Siswa MuatanIPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation(GI), Time Token Arends  dan Snowball Throwing Pada Kelas VA SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Muhsinah Annisa, S,Si, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Lingkungan Sahabat Kita, Kombinasi Model Group Investigation, Time Token Arends  dan Snowball Throwing

 

 

 

             Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi Siklus Air. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang terlaksana hanya bersifat satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga siswa belum mendapatkan pengalaman yang bermakna dalam pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi model Group Investigation, Time Token Arends  dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar.

 

            Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas VA SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar yang berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2019/2020.

 

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru selama 3 pertemuan meningkat dari persentase 72,5% - 95%. Aktivitas siswa dari selama 3 pertemuan meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 42,9% - 90,5%. Hasil belajar aspek kognitif selama 3 pertemuan secara klasikal meningkat dari 52,4% - 95,2%. Hasil belajar aspek afektif selama 3 pertemuan secara klasikal meningkat dari 42,9% - 90,5%. Dan hasil belajar aspek psikomotorik selama 3 pertemuan secara klasikal meningkat dari 28,6% - 95,2%.

 

            Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Time Token Arends  dan Snowball Throwingtersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI